Tutorial Install Game PSN (PKG + RAP) Di PS3 HEN Terbaru



Pada kesempatan kali ini saya akan mendemonstrasikan cara install game PS3 dengan Type PSN di PS3 HEN yang sebenarnya sangat sederhana dan tidak memerlukan penggunaan tools seperti reActPSN atau Resigner seperti pada PS3 HAN sebelumnya, namun ada dua hal yang penting syarat yang harus Anda penuhi sebelum berpartisipasi.


 * Pastikan PS3 yang akan Anda gunakan sudah memiliki akun PSN dan sudah aktif. Bagi Anda yang belum memiliki akun PSN, silahkan buat terlebih dahulu, lalu login dan aktifkan gamenya di pengaturan akun PS3. Namun, bagi Anda yang sudah memiliki akun PSN dan telah mengaktifkannya sebaiknya melewatkan teknik ini.


* Pastikan game PSN yang Anda unduh memiliki file RAP; jika tidak, jangan unduh karena game tidak akan dapat dimainkan seperti yang ditunjukkan di bawah ini, meskipun berhasil diinstal.






Jika sudah memenuhi semua syaratnya, berikut cara memulainya :


1. Game PSN yang saya pakai disini adalah Battle Stadium DON yang sudah di extract dan selesai hasilnya; ada juga file Game dan file RAP. (Lihat Ilustrasi 1)





2. Silahkan hubungkan FD/HDD format FAT32 ke PC/Laptop Anda, lalu copy paste file game tersebut di luar/bukan di folder manapun. (Gambar 2, 3, dan 4)





3. Setelah itu, anda buat folder baru dengan nama exdata pada FD/HDD anda yang diformat FAT32. (Lihat Gambar 5, 6, dan 7)






4. Sekarang salin dan tempel file RAP ke dalam folder exdata pada format FD/HDD FAT32 yang baru saja Anda buat. (Lihat Ilustrasi 8, 9, 10, 11, dan 12)







5. Sekarang nyalakan PS3 Anda dan sambungkan ke format FAT32 FD/HDD yang sudah Anda masukkan ke dalam game dan file RAP, lalu aktifkan HEN. (Lihat Gambar 13 dan 14)




6. Setelah itu masuk ke Package > Install Package Files > Standard dan install file game tersebut sampai selesai. (Lihat gambar 15, 16, dan 17)





7. Setelah game terinstal, jangan cabut atau cabut FD/HDD format FAT32 dari PS3, biarkan saja dan langsung mainkan game yang baru saja diinstal . (Lihat Ilustrasi 18)




8. Jika game benar-benar berjalan, Anda sekarang dapat menghapus FD/HDD yang diformat dalam FAT32 dari PS3. (Lihat Ilustrasi 19)



9. Sekarang Anda dapat memainkan game tersebut, dan pasti akan berhasil 100 persen. (Lihat Gambar 20 dan 21.)







Jika game PSN/PKG yang ingin Anda instal lebih besar dari 4 GB, silakan instal terlebih dahulu menggunakan IRISMAN, yang dapat Anda ketahui caranya > DI SINI. Jika file PKG Game berhasil diinstal, yang harus Anda lakukan sekarang adalah mencolokkan FD/HDD dengan format FAT32 yang sudah menyertakan file, RAP Game, dan buka gamenya.


Berhubung kolom komentar di blog ini sudah di non aktifkan demi kebaikan bersama, untuk menghindari komentar yang tidak sopan, rasisme, promosi iklan, link viral/berbahaya, spam, dan lain sebagainya, disini saya sebagai admin sudah memprediksi beberapa pertanyaan yang akan anda berikan bersama. dengan jawaban mereka, juga dikenal sebagai Tanya Jawab:


Q: Min, dapatkah saya menggunakan metode ini untuk menginstal beberapa game PSN sekaligus? .................................. 

A: Saya yakin Anda bisa untuk Game PS3 Resmi PSN karena setiap file RAP memiliki nama yang berbeda. Namun, Anda harus menginstal game yang dikonversi dari PS2 ke PS3 yang saya buat satu per satu karena nama file RAP setiap game sama dan tidak dapat dimodifikasi. Penting untuk dicatat bahwa meskipun nama file RAP sama, konten sebenarnya dari lisensi di dalamnya tidak.


Q: Apakah instruksi ini dapat digunakan dengan game PS3 lain dari PSN, seperti CARS 3? .................................. 

A: Tentu saja, semua game dengan Tipe PSN, baik PSN Resmi PS3 maupun Konversi dari PS2 ke PS3 yang saya buat disini bisa dibuat lagi asalkan ada file RAPnya.


Q: Apa versi PS3 HEN yang Anda gunakan, Min? .............................
A: PS3 yang saya gunakan sekarang adalah versi 3.0.0, tetapi Anda dapat menggunakan ini tutorial dengan PS3 HEN versi sebelumnya/bawah.


Q: Apakah instruksi ini kompatibel dengan PS3 HAN? .............................
A: Tidak, jika PS3 Anda masih versi HAN, Anda harus memperbarui ke HEN versi lama atau menggunakan teknik pengunduran diri pertama. Q: Apakah instruksi ini kompatibel dengan PS3 HAN? .............................
A: Tidak, jika PS3 Anda masih versi HAN, Anda harus memperbarui ke HEN versi atau memanfaatkan teknik lama mengundurkan diri pertama.


Q: Apakah tutorial ini kompatibel dengan PS3 CFW? ..................................
A: Saya belum mencobanya di PS3 CFW, tetapi tampaknya instruksi ini akan bekerja juga, jadi silakan mencobanya.


Q: Apakah saya memerlukan FD/HDD yang berisi file RAP setiap kali saya ingin memainkan/membuka game PSN yang sudah saya install? .............................
A: Tidak, karena file RAP secara otomatis dimuat ke Internal PS3 saat Anda pertama kali memulai game, seperti yang saya nyatakan di tutorial 7 dan 8 di atas.


Q: Apakah harus mengaktifkan HEN setiap kali ingin memainkan game PSN yang sudah di install sebelumnya? .................................
A: Ya harus, apalagi PS3 baru saja dihidupkan kembali dan tidak ada lisensi pesan kesalahan atau sesuatu seperti tampilan.

Q: Min PS3 bisa langsung main game PS2 dalam format ISO, jadi game PS2 mana yang berformat ISO atau PKG untuk PS3? . . .

A: Iya betul, sebenarnya PS3 bisa langsung memainkan game PS2 dalam format ISO, tapi perlu diketahui bahwa tidak semua game akan bekerja dengan sempurna, beberapa tidak bisa dimainkan sama sekali/Blackscreen, Freeze di tengah game, Suara game terkadang delay dengan game, dan bug lainnya. Sementara itu, game PS2 dengan format PKG, baik yang dirilis secara resmi oleh PSN atau yang saya konversi di sini, sebelumnya telah menyertakan konfigurasi khusus untuk setiap game selama proses Convert to PKG, sehingga game PS2 dapat dikonfirmasi untuk dijalankan dan dapat dimainkan di PS3. Perlu diperhatikan juga bahwa game PS2 yang sudah berformat PKG sangat minim. Bug yang muncul atau bahkan tidak ada sama sekali, tidak seperti game yang masih dalam format ISO.





Jika ada link yang mati atau bermasalah silahkan laporkan di kolom komentar



+ :

Karena banyak juga yang Request game pkg lain yang mungkin belum sempat Admin Share, maka Admin akan usahakan terus update pkg game kedepannya, jadi kunjungi terus blog ini, mungkin game yang kalian request akan admin share selanjutnya.



LihatTutupKomentar